Alam Baka Bangsa Norsemen

Norsemen


Quote:
Viking adalah istilah yang berarti “perompak” atau “penjarah”. Orang Viking bisa berasal dari Denmark, Norwegia, atau Swedia. Kata Norsemen juga sering digunakan untuk mengganti kata Viking. Penggambaran Viking sering kali menyeramkan dan menakutkan, padahal sebenarnya Viking merupakan suatu profesi yakni pedagang, peladang dan kaum Norse. Namun kerap kali, jika setelah gagal berniaga, mereka menjadi liar dan merompak.
Sebagian besar prajurit Viking adalah pria biasa, Hanya sedikit yang merupakan Berserker. Berserks atau Berserkers, merupakan pejuang yang bertarung dengan berani di medan pertempuran dan bersumpah setia pada Odin. Berserker dari kata “berserk”,( tak berbaju), atau dari bahasa Old Norse “bear-shirt”, atau dari “bare-of-shirt”. Definisi ini mungkin disebabkan karena Berserker hanya mengenakan kulit hewan yang mengantung di puggungnya.

Berserker tak takut mati. Tujuan mereka yaitu membunuh sebanyak mungkin manusia sebelum gugur dalam perang. Mereka membuat minuman ramuan yang berasal dari tumbuhan bog myrtle

Ketika mereka meminumnya, mereka menjadi gila seperti anjing gila. Melolong dan Meraung. Mereka berjalan berlarian dengan telanjang kaki diatas bebatuan yang tajam dan menonjol tanpa merasakan sakit. Api maupun baja tak mampu menghentikan mereka. Saat itu mereka percaya kalau diri mereka menjadi serigala atau beruang.



Valhalla


Valhalla adalah aula milik Odin. Tempat tinggal bagi mereka yang gugur dengan mulia dalam pertempuran. Aula ini memiliki 540 pintu, dengan dinding dari tombak, serta atap terbuat dari tameng dan bangku panjang dilapisi perisai dada. dan dari setiap pintu, 800 orang ksatria dapat masuk dan keluar. Cahaya yg menyinari Valhalla bukan berasal dari Api, tapi dari pedang-pedang yg mengkilap.

Valhalla merupakan impian para Norsemen, karena sebab inilah mereka berani mati bahkan tidak takut mati saat perang berlangsung. Satu satunya cara agar pejuang bisa pergi ke Valhalla adalah dengan gugur dalam perang.

“Surga yang terbaik adalah milik Odin yang disebut dengan Valhalla. Disanalah prajurit terbaik dan terpandai menghabiskan waktu seharian dalam pertempuran keji, membunuh juga dibunuh. Sore harinya, prajurit yang mati, bangkit lalu menghabiskan malam dengan makan minum bersama orang-orang yang membunuh mereka. Daging panggang tak ada habisnya, cangkir dan minuman anggur madu selalu terisi penuh. Tempat yang sangat indah tapi hanya orang yang gugur dalam pertempuran dengan gemilang yang boleh masuk kesana..”
Semua perwira, pahlawan , pejuang , prajurit terberani dan terhebat yg sudah meninggal (dikenal sebagai Einherjar/Einheriar)bertarung disini untuk mempersiapkan kedatangan Ragnarok dan membantu Odin melawan para raksasa yang dipimpin oleh Loki.


Fólkvangr
http://m1.ikiwq.com/img/xl/aGqdyKdNZRFpx9BNuaN0wc.jpg

Fólkvangradalah aula milik Freyja. Sebagian dari prajurit dan perempuan yang gugur dengan mulia dalam pertempuran akan dibawa ke sini untuk tinggal bersamanya. Sebagian lainnya dibawa ke Aula Odin, Valhalla.

Sebagian dari Norsemen tidak terlalu tertarik untuk masuk kedalam aula milik Freya, Fólkvangr ini. Karena Freyja tertarik pada Cinta, jadi tidak ada pertempuran di Fólkvangr. Mereka menganggap tempat ini membosankan , walaupun sebagian perempuan menginginkan tempat ini.

“Kau bisa beternak, dan melatih kuda. Para perempuan bisa memintal benang dan menjahit. Semuanya hampir seperti kehidupan biasa, tidak ada penderitaan..”


Aula Ægir

Dalam Bahasa Old Norse, Ægir berarti laut. Ægir adalah raksasa juga dewa laut dalam Mitologi Skandinavia Kuno. Dewa ini adalah penjelmaan dari kekuatan samudera, dan gemar mengadakan pesta besar bagi para dewa. Norsemen penjelajah yang tahu betul tentang laut dan bahaya-bahayanya, sangat mengagungkan Ægir.

Quote:
“Aula Ægir merupakan tempat bila kau mati di laut. Itu merupakan tempat yang bagus. Birnya enak, makanannya lezat bila kau suka ikan. Dan kaupun bisa berlayar dan terus berlayar walaupun dalam cuaca apapun tanpa perlu khawatir tenggelam, karena kau memang sudah tenggelam.”
Tetapi agar disambut baik di Aula, kau harus membawa suatu hadiah kepada Ran, Istri dari Ægir. Itu mengapa biasanya Pemimpin Kapal membagikan harta ketika mengetahui bahwa kapalnya tidak mungkin bisa berlayar lagi saat badai.


Hel (Niflheim)


Quote:
Ada Beberapa orang yang menyamakan Hel dengan Niflheim, karena penggambaran tentang kedua tempat ini sama persis. Hel diambil dari nama salah satu anak dari Loki, yaitu Hel, yang diusir dari Asgard dan menguasai daerah ini.

“Kau akan pergi ke Hel jika kau mati sebagai Norsemen yang mati secara tak terhormat, pelanggar sumpah, pengecut, atau sebagai budak. Hel dingin, berada di tempat paling bawah dalam tatanan alam semesta, Dunia es yang tertutup kabut serta kegelapan. Dingin tak berkesudahan. Kesunyian hanya terpecahkan oleh ular-ular melata..”
Prajurit harus gugur dalam perang atau perjuangan. Bila Mereka mati karena sakit atau usia tua, mereka dianggap sebagai pengecut dan berakhir di benteng Hel bersama para budak. Untuk menghindari kematian karena usia tua, maka para Prajurit yang masih muda biasanya mengajak Prajurit – yang bisa dikatakan hampir mati usia tua, kedalam sebuah perompakan / penghancuran desa, dan membiarkannya mati dengan pedang yang digenggam ditangannya.

0 komentar:

Posting Komentar